Telp : 021-22715790 | HP/WA +6282234555758| PIN BB 51A5D742

Jalan-jalan di Kepulauan Derawan

Jika pergi ke Pulau Derawan, ada beberapa pulau sekitarnya yang wajib dikunjungi, yaitu Kakaban, Maratua, Sangalaki dan Gusung (pulau pasir ). Setiap pulau memiliki keunikan tersendiri. Untuk bisa sampai di pulau-pulau indah ini, kita bisa melalui Tarakan ataupun Berau. Rute Tarakan, jalur darat dari bandara ke pelabuhan hanya 30 menit, ini jauh lebih singkat dari jalur laut yang harus ditempuh sesudahnya selama 3 jam. Sedangkan untuk rute Berau kebalikannya, jalur darat lebih lama dibanding jalur lautnya.

Salah satu cottage di Pulau Derawan

Yang menarik dari Pulau Derawan adalah homestay berwarna-warni di atas laut. Kadang-kadang, penyu hijau berenang di sekitar homestay ini. Lautnya jernih sehingga bisa terlihat jika penyu melintas. Pada malam hari, jika beruntung, kita juga bisa menyaksikan penyu bertelur. Pulau ini cukup padat dengan pemukiman warga. Banyak toko yang menjual souvenir dan makanan khas Derawan, yaitu ikan asin.

Pulau berikutnya adalah Maratua. Tidak seperti Derawan yang ramai dan padat penduduk, Pulau Maratua lebih tenang. Lautnya yang biru dan bening menjadi daya tarik pulau ini. Terdapat sebuah hidden lagoon di sini.

IMG_5435

Berenang di Pulau Maratua dengan air yang sejernih crysta

Yang ketiga adalah Pulau Kakaban, ini adalah pulau yang terkenal dengan stingless jellyfish di danau yang terletak di tengah pulau. Ubur-ubur di sini tidak menyengat karena mereka tidak merasa terancam. Kita tidak boleh menggunakan fin (kaki katak) ketika di danau supaya tidak menstimulasi ubur-ubur mengeluarkan sengatnya. Ada 4 spesies ubur-ubur di sini. Yang pertama adalah ubur-ubur totol, populasinya paling banyak, bisa ditemukan mulai dari tepi danau. Yang kedua adalah ubur-ubur bulan, berwarna putih bening. Yang ketiga disebut ubur-ubur terbalik, sepintas seperti tanaman karena banyak terdapat di dasar danau dan posisinya terbalik, akan terlihat jelas jika lepas dari dasar danau. Yang keempat (tidak mendapatkan fotonya) adalah ubur-ubur kotak.

Jellyfish penghuni danau Pulau Kakaban

 

Setelah bermain dengan ubur-ubur, kita akan melihat anak penyu atau yang dikenal dengan tukik, di Pulau Sangalaki. Di Pulau ini terdapat tempat penangkaran penyu. Selain itu, pasir di pulau Sangalaki sangat halus

Pantai Pulau Sangalaki

Pulau berikutnya adalah Pulau Gusung. Pulau ini unik karena keberadaannya tergantung dari pasang surutnya air laut. Hanya ada pasir di pulau ini, itulah yang membuatnya berbeda dari pulau lainnya.

Jika datang bertepatan dengan festival Derawan, maka pada siang hari kita bisa menyaksikan lomba dayung, yacht rally dan olah raga air lainnya. Pada malam hari akan ada tarian tradisional yang digelar di panggung di tepi pantai Pulau Derawan.

 

  • Penulis : Florentina Woro
  • Foto : Adri Thanada

Leave a Reply

*